Laman

Senin, 08 Februari 2010

Pertanian Membantu Menahan Pemanasan Global

dari : European Parliement

Pertanian dapat membantu untuk memperlambat perubahan iklim, tetapi harus siap untuk beradaptasi dengan dampak pemanasan global, kata Komite Pertanian Parlemen Eropa dan ilmuwan di sebuah sidang terbuka pada hari Rabu (20/01/2010).
"Pertanian dapat memberikan solusi untuk masa depan", mengingat adanya hubungan langsung dengan bumi dan makhluk hidup, demikian laporan Stephan Le Foll (S & D, FR)
a Parliament's rapporteur report on agriculture and climate change. Common Agricultural Policy (CAP) yang baru oleh karenanya diperlukan untuk memperhitungkan dampak pemanasan global dan untuk mengurangi perubahan iklim. "CAP baru", sebagai "manajer bio-sphere", akan menjamin transisi ke arah produksi model baru efisiensi pertanian secara ekologi, ekonomi dan sosial, tambahnya.
CAP masa depan dapat membantu mengurangi mitigasi pemanasan global dengan tiga cara: membatasi emisi gas rumah sendiri (GHG), meningkatkan penyimpanan karbon dalam tanah dan menghasilkan energi berkelanjutan dan terbarukan ( draft laporan Pak Le Foll's).



Menangkap Karbon


"Konservasi pertanian" adalah cara untuk mendamaikan pertanian dan lingkungan, kata ilmuwan Departemen Pertanian AS Donald Reicosky. Dia menjelaskan bahwa karbon tanah dapat memberikan beberapa kesempatan untuk memperbaiki ekosistem. Karbon dalam tanah meningkatkan kapasitas memegang air dan mengurangi erosi, tetapi juga dapat mengurangi polusi udara, input pupuk dan kapasitas untuk menangani limbah. Untuk tujuan ini, "membatasi gangguan pada tanah dan memperbaiki sistem tanam" merupakan langkah awal yang harus diambil, kata Mr Reicosky dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan oleh Mairead McGuiness (EPP, IE), George Lyon (ALDE, Inggris) dan Luis Capoulas Santos (S & D , PT). 


Peran Apa yang ada dalam CAP?
CAP harus "fokus pada upaya mempertahankan tradisi pertanian dan kebijakan harus tetap kuat seperti yang telah terjadi di masa lalu", kata Esther Herranz Garcia (EPP, ES). Martin Häusling (Greens / EFA, DE) tidak menekankan perlunya memberikan lebih banyak dukungan untuk proyek-proyek pembangunan pedesaan yang disebut "pilar kedua" dari CAP.
"Di seluruh Eropa, kehutanan dan lingkungan agribisnis, langkah-langkah dari pilar kedua CAP sudah membuat kontribusi yang cukup besar untuk mitigasi perubahan iklim, kata Rob Cooke, Direktur Lingkungan Hidup Inggris, sebuah badan penasehat pemerintah Inggris. Walaupun langkah-langkah ini bukan alat utama untuk mengurangi emisi gas rumah kaca atau meningkatkan produksi energi terbarukan, "tabungan karbon yang mereka berikan datang dengan jaminan bahwa mereka telah tercapai (...) dengan cara yang konsisten dengan prinsip-prinsip keberlanjutan", katanya.
José Bové (Greens / EFA, FR) mengatakan bahwa
model ekonomi CAP telah gagal untuk membantu sektor ini. "Kita perlu mengubah model" dan memberikan "CAP baru yang dapat memperbaiki kembali kesalahan selama 30 tahun", ia menyimpulkan. 

Apakah skenario masa depan merupakan bencana?
John Agnew (EFD, Inggris), mempertanyakan keandalan skenario masa depan berdasarkan data ilmiah yang tersedia. Albert DESS (EPP, DE) setuju dan menekankan bahwa "ada pertanggungjawaban sedikit ramalan palsu". Frank O'Mara, direktur riset di Teagasc, Otoritas Pembangunan Pertanian dan Pangan Irlandia menjawab: "Saya tidak memenuhi syarat untuk menjawab, tapi saya pikir bahwa kemajuan adalah mungkin jika kita melibatkan semua orang untuk menemukan solusi yang tepat". 


Beradaptasi terhadap perubahan iklim: biaya tidak jelas.
"Adaptasi dan mitigasi terhubung dan saling melengkapi strategi", kata Jan Verhagen, peneliti agrosystems di Universitas Wageningen, menambahkan bahwa "mengintegrasikan perubahan iklim dalam rencana dan kebijakan pertanian adalah jalan ke depan". Namun demikian, ia menekankan, biaya adaptasi dan mitigasi "masih belum jelas". Untuk pertanian mampu "menjaga bumi, kombinasi metode lama dan baru" adalah solusi terbaik, kata Marit Paulsen (ALDE, SE). 


Dampak perubahan iklim: cara menghadapi.
Dampak perubahan iklim pada pertanian dapat mengakibatkan kekurangan air dan kekeringan, penyakit-penyakit baru, stres panas pada hewan dan risiko-resiko pada kondisi cuaca ekstrim, kata Maciej Jerzy Sadowski, Ahli Advisory Group,
program penelitian Uni Eropa "Global Change". Meningkatkan ketahanan sistem pertanian, memperbaiki manajemen air dan reservasi tanah untuk produksi masa depan adalah faktor kunci untuk respon kebijakan jangka panjang, katanya.
Mairead McGuiness (EPP, IE) mencatat bahwa, meskipun masigh terdapat perbedaan-perbedaan pada kepentingan mengatasi perubahan iklim, semua sepakat bahwa "masalah sesungguhnya adalah manajemen sumber daya yang lebih baik". 


Committee on Agriculture and Rural Development
In the chair: Paolo DE CASTRO (S&D, IT)
Procedure: public hearing - 25/01/2010
.

Tidak ada komentar: